Mengurus Visa UK Sendiri! (Tier-4 Student)

Banyak sekali persiapan yang dibutuhkan untuk studi di negara lain. Satu yang paling penting adalah visa. Visa UK tergolong salah satu yang ribet menurut banyak orang, karena selain mahal persyaratannya juga banyak. Dan ya, mereka strict banget mengenai persyaratannya, detail banget. Sebenarnya tulisan ini cuma untuk share pengalaman aja karena saya merasa banyak yang belum saya tahu ketika saya mengajukan aplikasi.

Sebenarnya banyak agen perjalanan yang menawarkan pembuatan visa, bahkan ada yang menawarkan jasa cuma-cuma jika kita datang untuk belajar dan universitas tujuan kita adalah klien mereka. Ada juga yang menawarkan jasa cuma-cuma dengan syarat tertentu lainnya. Saya sendiri memilih untuk mengurus visa sendiri karena beberapa pertimbangan, terutama karena banyak teman-teman yang sudah berhasil mengurus visa belajar sendiri.

Semua langkah dan penjelasan tentang visa sudah dijembrengin panjang lebar di website nya : https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Waktu itu saya mengikuti briefing dari UKVI (UK Visa and Immigration) di departure briefing dari british council buat student yang mau berangkat tahun 2016, dan yg mereka jelaskan sebenarnya ada di website, jadi sebenarnya websitenya udah jelas banget kalau kamu bener2 ngubek2. Oh ya jangan lupa ada tombol search di websitenya, itu mempermudah banget. Tapi jangan lupa untuk pilih keyword yang lebih spesifik karena websitenya memuat sebegitu banyak informasi. Websitenya ada yg bahasa Indonesia kok jadi jangan khawatir (saya baru sadar hal ini setelah aplikasi visa selesai 😦 )

Semuanya online, kecuali proses veriifkasi yang harus menyertakan dokumen asli dan kehadiran saat mengambil paspor (bisa diwakilkan atau dipos).

docs to ukvi.jpg

 

Saat ini kalau orang Indonesia mau bikin visa UK harus melalui cabang pembuatan visa UK di Filipina. Hal ini menjadi penyebab kenapa prosesnya terhitung lama dan mahal, karena dokumen “diterbangkan” ke Filipina, diproses di sana dan semuanya melalui agen representatif di Jakarta/Surabaya/Bali. Diagram di atas menjelaskan prosesnya secara singkat. Proses aplikasinya sejak menyerahkan dokumen asli (kalau menurut website) maksimal sekitar 3minggu, tapi saya dan banyak teman-teman mendapatkan notifikasi pengambilan hasil (granted/tidak) sekitar seminggu lebih setelah proses BRP collection. Semoga saja kelak ada kantor pembuatan visa di Indonesia karena UK adalah salah satu tujuan belajar favorit para pelajar.

Prosesnya secara garis besar:

  1. Pengumpulan Dokumen Asli yang diperlukan, termasuk proses Translasi Dokumen yang diperlukan
  2. Pengisian form online
  3. BRP Collection + interview (optional) + Penyerahan Dokumen
  4. Menunggu visa selesai diproses
  5. Pengambilan hasil (granted/not)

Sebenarnya yang lama adalah proses pengumpulan dokumen karena pasti ada2 saja yang belum dimiliki dan prosesnya biasanya menyangkut pihak ke tiga. Oleh karena itu, visa bisa dibuat paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan. JANGAN TUNGGU MEPET deh beneran, kumpulin data sekarang karena kamu ga akan tahu waktu yang kamu miliki, dan terutama karena peak time institusi yang berhubungan dengan dokumen kamu.

  • Persiapan Dokumen

Persiapan dokumen dimulai dengan melihat ke website apa saja yang kamu butuhkan, CEK WEBSITE UKVI untuk yang lebih update, tapi ini list yang saya punya (kalau belum berubah)

  1. Paspor (Punya paspor 4? bawa semuanya. lampirkan semuanya, nanti dikembalikan)
  2. Ijazah (asli dan translated, biasanya dari kampus menyediakan jasa translasi dan legalisasi, dan mereka menerima)
  3. CAS (minta dari kampus masing2, bisa dikeluarkan sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan)
  4. TB Check Certificate (COPY, di RS tertentu yang ada di list dari web ukvi, yaitu di RS Premiere Bintaro atau Jatinegara)
  5. Financial Prove (Letter of Statement dari bank, bisa minta sama costumer service. Bilang aja buat aplikasi visa atau Letter of Guarantee & semacamnya jika pergi dengan beasiswa)
  6. Akte Lahir dan Kartu Keluarga (Dibutuhkan hanya untuk yang menggunakan financial prove dari rekening ortu/kakak, dokumen ini harus dilampirkan versi asli dan translated)
  7. Sertifikat IELTS (asli)
  8. LoA (Letter of Acceptance dari universitas, optional, cuma buat meyakinkan aja tapi CAS aja cukup sih katanya)
  9. Membawa print out formulir yang sudah diisi DAN appointment details via UKVI online ( https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/index )
  10. Jangan lupa bawa atau tempel Passport Photo di print out formulir (ketentuannya harus sesuai dengan instruksi)
  11. Selalu ada baiknya untuk membawa copy/cadangan dari semua dokumen yang kita bawa, termasuk foto.

Mengisi form ini harus sesuai dengan Passport dan identitas kita lainnya, jangan sampai alamat/nama lengkap/data lainnya salah atau berbeda dengan salah satu dokumen yg kita provide. Satu saja data berbeda, bisa2 visa kita tidak granted.

Saya sendiri teledor ketika mengisi kolom alamat, ternyata alamat yg biasanya saya pakai berbeda dengan alamat yang ada di paspor (bagian paling belakang paspor). Setelah konsultasi dengan UKVI (melalui online form di https://ukvi-international.faq-help.com) saya dianjurkan untuk membatalkan aplikasi tersebut dan mengulang dari awal. Untungnya dana yang sudah dikeluarkan untuk aplikasi pertama masih bisa diselamatkan karena saya belum datang appoinment untuk ambil BRP. Walhasil saya harus mengulang aplikasi dan menggelontorkan dana sekali lagi untuk aplikasi visa sambil menunggu dana dikembalikan. FYI proses pengembalian dana lumayan cepat (1-3 minggu) walaupun mereka bilangnya sekitar 45 hari kerja (3bulan) tapi ya memang harus sabar menunggu balasan email (sehari-dua hari tiap email).

Translasi 

Ada beberapa rekomendasi dari UKVI untuk translator di Indonesia, bisa dilihat di dokumen ini:

annex_g_local_services_lists_-template_for_translators_interpreters_updated_march_2016

Yang paling murah sih yang di Kalibata, rata2 sama kok servicenya. Tapi ada juga yang ngasih service khusus kayak misalnya tarif normal untuk translasi pertama dan hanya +10rb untuk copy selanjutnya. Ada juga yang menawarkan sistem database jadi ketika kita minta dokumen untuk yang kedua kalinya, tinggal ngasih kode, minta print ulang dan cap ulang  tanpa harus minta translate lagi. silakan cek dokumen di atas 🙂

Appointment Day

Persiapkan dokumen sehari sebelumnya, re-check malam sebelum berangkat. Buat list nya, print, double check. Take your time, jangan terburu2 karena aplikasi ini tidak mudah dari segi waktu dan biaya jika harus diulang.

Hari H, luangkan beberapa waktu untuk datang lebih awal, apalagi di Jakarta, kita gak tau traffic seperti apa. Traffic forecast? we have no accurate one. Lebih baik menunggu beberapa saat daripada telat.

VFS Jakarta ada di lantai paling atas, kalau dr basement harus nyambung lift di lantai pertama atau ground floor. Kita baru dipersilakan masuk sekitar 10 atau 5menit sebelum appoinment, dan ga boleh nyalain hp. Boleh sih haha, tapi jangan sampai ketahuan. Lebih baik persiapkan semua dokumen tentang list dan nomor penting printed atau dicatat.

Ketika datang kita langsung dipandu kok, kalau bingung ada banyak petugas di sana. Ohya interview tidak wajib, kalau dapat appoinment pagi biasanya gak interview karena di UK masih pagi (beda sekitar 6-7jam). Katanya sih ga ada ngaruhnya sama visa nya granted/tidak, jadi no worries. Saya sendiri dapat appointment jam11, teman saya disuruh interview tapi saya tidak. Tapi kalau mau interview, bisa minta, tapi harus nunggu lagi rada lama kecuali pakai priority.

Priority

Visa priority adalah service khusus dari VFS buat mereka yang ingin lebih cepat atau kepepet (5hari kerja jadi, normal 15hari kerja). Di VFS nya juga dikasih tempat khusus dan antrian khusus. Kayak tiket masuk priority di theme park aja, hehe. Biayanya kalau belum berubah sekitar 2.5jt untuk tiap aplikasi.

Ketika masuk, ada VIP Lounge buat priority. Sistem antriannya adalah selang-seling dengan aplikan biasa, jadi antriannya berbeda.

Pengambilan Paspor

Notifikasi diberikan oleh VFS lewat email, jadi jangan lupa cek selalu email-mu. Deg degan akan berlangsung hingga kamu membuka paket dari VFS. Pengambilan dokumen akan berlangsung dari jam12 siang, jadi ga usah datang kepagian.

Jangan lupa bawa tanda terima nya ya! Kalau diwakilin, harus ada KTP dari applicant dan yang mewakilkan.

Ketika Membuka paket dari VFS, pastikan ada surat dari UKVI berisi keterangan tempat pengambilan BRP di UK nantinya. Kalau visa mu granted, selamat! Kalau enggak (naudzubillah), pasti ada feedback, pelajari mengapa visa bisa ditolak. Biaya aplikasi tidak bisa dikembalikan dan harus bayar dengan jumlah yang sama lagi kalau mau masukin aplikasi lagi 😦 .

Screen Shot 2017-07-08 at 6.47.26 AM

Alhamdulillah visa saya granted 🙂 dan seminggu setelah visa saya terima, dana aplikasi visa yang gagal sebelumnya sudah kembali ke akun saya hehe

Jadi sebenarnya bisa kok mengurus visa sendiri asal sabar untuk teliti. Sekalian belajar juga mengurus ini itu. Saya sendiri jadi hafal alamat sesuai paspor, alamat di UK, tanggal & tahun lahir, terus alamat universitas sendiri 😀 

Terimakasih teman2 PPI UK, UKVI, dan teman2 sesama pelajar yang sudah berbagi info. Goodluck untuk teman2 yang akan dan sedang mengurus aplikasi visa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s