Sesi Sharing Bersama Mbak Gita Lovusa

Baru hari ini saya berkesempatan mendengarkan rekaman sesi sharing bersama mba Gita Lovusa, founder dari serusetiapsaat.com . Website ini berisi buku anak elektronik indie yang bisa diakses dan didownload secara bebas. Bagaimana ide, suka dan duka selama menjalankan website tersebut? Yuk, kita simak resume dari bincang-bincang Mba Iqiq dan Mba Gita di bawah ini

Kenapa Mba Gita memulai website ini?
  • Inspirasi ada di sekitar kita, jangan ragu untuk memulai dari keseharian kita sendiri. 
  • Cerita itu sebenarnya ada di sekitar kita! kata Mba iqiq menegaskan.
  • Ebook atau printed book? Picture Book tanpa teks atau dengan teks? Sadarlah dengan pilihan ketika kita memutuskan menulis ebook.
  • Buku yang tidak memiliki teks justru bisa jadi lebih menarik untuk anak, lho!
  • Pilih karakter yang relatable dengan keseharian kita. (misal: kucing, semua org suka kucing!)
  • Mulailah dari ide sederhana, sesimpel menunjukan anak hal seperti: kanan/kiri, atau masuk/keluar, tinggi/rendah, besar/kecil, dan sebagainya. (referensi: Kanan Kiri by Gita & Tyas)
  • Bagaimana kalau mau nulis tapi gak bisa gambar? Bisa cari teman yang bisa gambar, ajakin aja utk bikin ebook. Bisa jadi project sama2. Bisa juga berinisiatif sendiri mencoba bakat terpendam dalam diri sendiri 😀 
  • Buku “Bermain Ayunan” yang dikarang oleh Mba GIta & diilustrasi oleh Yasmina (buku dengan rima). Juga terinspirasi dari pengalaman Mba Gita dengan anak sendiri. 
  • Lalu bagaimana dengan fenomena anak bisa mengarang? Mba Gita juga mengarang sbnrnya karena terinspirasi ketika anak bercerita. Bisa direkam, ditulis dan dirapikan. Jalan ceritanya terinspirasi dari anaknya. Kalau ga bisa direkam, buru2 dicatat. karena biasanya spontan juga. 
Mengenai kelahiran website serusetiapsaat.com

Berawal dari kesenangan membaca dan melihat banyak inspirasi di luar sana, kemudian Mba Gita bertanya, “saya sendiri bisa berbuat apa?”. Hal ini juga bersamaan dengan tumbuhnya kegemaran anak2 membaca buku atau ebook berbahasa Inggris. Saat itu, situs Ebook berbahasa Inggris yang bagus2 sudah banyak, namun ketika mencari buku berbahasa Indonesia sangat minim. Dari situlah muncul keinginan Mba Gita untuk mengubah hal tersebut.

  • Proses menulis hingga terbit? Yang lama adalah gambarnya. Berdasarkan pengalaman Mba Gita, untuk Ebook semacam ini, biasanya diberi tenggat waktu sebulan. Kalau sudah sumit naskah, pencarian ilustrator juga bisa bareng2 kalau naskahnya sudah revisi dan editing. (tambahan dr saya, setahu saya ilustrator professional sebenarnya membutuhkan 2-3bulan hingga 6-12bulan untuk pembuatan ilustrasi untuk sebuah buku, tergantung pada banyaknya halaman dan kerumitan ilustrasi hehehe) Tapi untuk buku anak Indie seperti di website ini, biasanya sebulan sudah termasuk waktu yang luang.
  • Target umur anak? Untuk Ebook di website ini kebanyakan untuk anak umur 2-3 tahun. Maksimal Mba Gita batasi utk website ini jadi 20 halaman. 
  • Suka dan duka selama ini? Suka: banyak ketemu orang, duka: kalau ilustrator tiba2 menghilang :(. Ada juga user yang belum mau belajar untuk mendownload sendiri padahal sudah diberikan dari awal 😀 
  • Syarat cerita diterbitkan di website? Menjalani proses editing, revisi hingga bisa diterbitkan. Yang penting ceritanya ramah anak. 

Menarik ya, baru saya tahu website seperti ini. Sebelumnya pengetahuan saya sebatas website seperti let’sreadasia, dan lainnya. Tidak spesifik untuk Bahasa Indonesia. Semoga gerakan akarumput literasi seperti ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya kemampuan literasi generasi selanjutanya.

Semoga bermanfaat!

Published by Eva Afifah

Graphic Designer | Children Illustration Enthusiast eva.afifah.rd@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: